Pengendalian
Internal Menurut COSO
Committee
OF Sponsoring Organization of the
treadway Commission (COSO) memandang
pengendalian internal sebagai rangkaian tindakan yang mencakup keeluruhan
proses dalam organisasi.Pengendalian internal merupakan proses manajemen dasar
yaitu perencanaan,pelaksanaan,dan pemantauan.Sistem pengendalian internal
merupakan proses yang melibatkan dewan komisaris,manajemen,dan personil
lain,untuk memberikan keyakinan yang memadai mengenai pencapaian tiga tujuan
yaitu efektivitas dan efisiensi operasi,keandalan pelaporan keuangan,dan
kepatuhan hukum serta peraturan yang berlaku. Adapun komponen pengendalian
internal menurut COSO yaitu:
1. Lingkungan pengendalian (control
environment) factor-faktor lingkungan pengendalian
internal mencakup integritas kolektif organisasi,tata nilai dan etika,filosofi
manajemen dan gaya operasi.
2. Penaksiran risiko (risk assessment)
suatu mekanisme yang diterapkan untuk mengidentifikasi,menganalisis,dan
mengelola risiko yang berkaitan dengan berbagai aktivitas organisasi.
3. Aktivitas pengendalian (control
activities) merupakan pelaksanaan kebijakan dan prosedur
organisasi untuk memastian bahwa tujuan organisasi dapat tercapai.
4. Informasi dan omunikasi (informasi
and communication) system yang memungkinkan orang/entitas
memperoleh dan menukar informasi yang diperlukan untuk
malaksanakan,mengelola,dan mengendalikan operasinya.
5. Pemantauan (monitoring) yang
merupakan kegiatan evaluasi untuk menilai kecukupan dan pengaruh pengendalian
internal yang berjalan terhadap risiko perusahaan.
Contoh
penerapan komponen-komponen pengendalian internal
Disebuah
toko baju di kawasan kebondalem purwokerto menerapkan pengendalian internal
untuk membantu pencapaian tujuannya.Pengendalian yang dialakukan yaitu
manajemen took tersebut menetapkan peraturan dan kebijakan yang menyatakan
bahwa setiap karyawan harus melayani konsumen dengan sebaik-baiknya,harus
senyum dan ramah,serta menjaga sopan santun.Jika sedang bekerja tidak boleh
duduk serta tidak boleh ngobrol dengan sesama karyawan.Jika peraturan tersebut
dilanggar karyawan tersebut mendapatkan sanksi dengan dipindahkan kecabang took
yang lebih kecil.Di dalam toko tersebut dipasang CCTV untuk menjaga
keamanan.Setiap karyawan yang sudah selesai bekerja,tas mereka diperiksa satu
per satu oleh supervisor untuk menghindari pencurian oleh karyawan.Pihak
manajemen memberikan pengarahan kepada semua karyawan dalam hal pemberian
pelayanan yang terbaik untuk konsumen.Evaluasi dilakukan setelah jam kerja
karyawan selesai pada hari itu juga,dan memberikan penghargaan pada karyawan
yang berkinerja baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar