Senin, 01 April 2013

Pengendalian Internal Menurut COSO

Pengendalian Internal Menurut COSO




Committee OF Sponsoring Organization  of the treadway Commission (COSO)  memandang pengendalian internal sebagai rangkaian tindakan yang mencakup keeluruhan proses dalam organisasi.Pengendalian internal merupakan proses manajemen dasar yaitu perencanaan,pelaksanaan,dan pemantauan.Sistem pengendalian internal merupakan proses yang melibatkan dewan komisaris,manajemen,dan personil lain,untuk memberikan keyakinan yang memadai mengenai pencapaian tiga tujuan yaitu efektivitas dan efisiensi operasi,keandalan pelaporan keuangan,dan kepatuhan hukum serta peraturan yang berlaku. Adapun komponen pengendalian internal menurut COSO yaitu:
1.      Lingkungan pengendalian (control environment) factor-faktor lingkungan pengendalian internal mencakup integritas kolektif organisasi,tata nilai dan etika,filosofi manajemen dan gaya operasi.
2.      Penaksiran risiko (risk assessment) suatu mekanisme yang diterapkan untuk mengidentifikasi,menganalisis,dan mengelola risiko yang berkaitan dengan berbagai aktivitas organisasi.
3.      Aktivitas pengendalian (control activities) merupakan pelaksanaan kebijakan dan prosedur organisasi untuk memastian bahwa tujuan organisasi dapat tercapai.
4.      Informasi dan omunikasi (informasi and communication) system yang memungkinkan orang/entitas memperoleh dan menukar informasi yang diperlukan untuk malaksanakan,mengelola,dan mengendalikan operasinya.
5.      Pemantauan (monitoring) yang merupakan kegiatan evaluasi untuk menilai kecukupan dan pengaruh pengendalian internal yang berjalan terhadap risiko perusahaan.
Contoh penerapan komponen-komponen pengendalian internal
Disebuah toko baju di kawasan kebondalem purwokerto menerapkan pengendalian internal untuk membantu pencapaian tujuannya.Pengendalian yang dialakukan yaitu manajemen took tersebut menetapkan peraturan dan kebijakan yang menyatakan bahwa setiap karyawan harus melayani konsumen dengan sebaik-baiknya,harus senyum dan ramah,serta menjaga sopan santun.Jika sedang bekerja tidak boleh duduk serta tidak boleh ngobrol dengan sesama karyawan.Jika peraturan tersebut dilanggar karyawan tersebut mendapatkan sanksi dengan dipindahkan kecabang took yang lebih kecil.Di dalam toko tersebut dipasang CCTV untuk menjaga keamanan.Setiap karyawan yang sudah selesai bekerja,tas mereka diperiksa satu per satu oleh supervisor untuk menghindari pencurian oleh karyawan.Pihak manajemen memberikan pengarahan kepada semua karyawan dalam hal pemberian pelayanan yang terbaik untuk konsumen.Evaluasi dilakukan setelah jam kerja karyawan selesai pada hari itu juga,dan memberikan penghargaan pada karyawan yang berkinerja baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar